Apakah Focal Length itu?

Focal length adalah seberapa besar obyek foto Anda diperbesar. Jika Anda membuat foto suatu obyek dengan 300 mm dengan jarak x meter, maka Anda harus lebih maju ke obyek foto tadi (x + y) jika menggunakan lensa 50 mm untuk mendapatkan gambar dalam ukuran yang sama. Jika Anda tetap di tempat Anda memakai 300 mm, maka gambar Anda akan tampak lebih kecil. Hal ini masuk akal sebab secara fisik, focal length adalah jarak lensa ke bagian sensor. Semakin kecil jaraknya harus semakin dekat dengan obyek agar obyek dapat fokus, sehingga gambar dapat terlihat tajam

Beberapa lensa dijual dengan berbagai karakteristik focal length. Anda yang mempunyai satu focal length (prime lens) ada juga yang terdiri dari beberapa focal length (telephoto lens). Mengenai manakah yang terbaik bagi Anda, itu tergantung dari bidang minat foto Anda.

Foto Potret.
Anda suka membuat potret? Suka membuat gambar lingkungan sekitar rumah Anda? Atau foto studio? Maka lebih baik memilih lensa dengan focal length rendah saja. Contoh prime lens 50 mm. Lensa yang milimeter-nya rendah tidak berat, cukup handy dan dapat membuat blur (bokeh) yang oke punya (pilih F stop serendah mungkin, contoh F1/8). Namun tidak berarti pemakaian lensa yang lebih besar dari 50 mm diharamkan. Anda masih dapat memakainya, kok. Sebab kadang-kadang fotografer harus mengambil jarak agak jauh dari obyek agar mereka nyaman.

Foto Alam Bebas
Obyek-obyek foto alam bebas biasanya berjarak jauh dari fotografer-nya, sehingga memakai focal length rendah untuk mendekatkan obyek (se-close up mungkin) tidak dimungkinkan. Misal, Anda ingin membuat foto burung yang sedang bertengger di atas pohon, jika Anda mendekati burungnya, entar burungnya takut dan terbang dong. Tetapi sekali lagi tidak diharamkan jika Anda ingin memakai focal length rendah. Misalkan Anda ingin menampilkan "betapa luasnya daerah tempat burung tersebut hidup", maka pemakaian focal length rendah lebih bagus, sebab bidang horisontal yang diambil lebih banyak. Coba bandingkan antara focal length dan sudut horisontal yang diambil seperti tabel di bawah ini


Bisa Anda lihat, 55 mm mempunyai sudut pengambilan sebesar 29.4, sedangkan 125 mm mempunyai sudut pengambilan hanya 13.3 saja.

atau bisa Anda bayangkan seperti gambar di bawah ini:


Apakah Focal Length itu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 komentar:

Posting Komentar