Editing Foto dengan Snapseed

Pernah jengkel karena kamera dan lensa tak berkualitas. Putus asa menjadi fotografer karena tidak bisa membeli lensa berkualitas. Jangan. Masih ada cara memperbaiki foto Anda. Pakailah software-software fotografi. Dalam artikel ini, saya mengulas sedikit tentang aplikasi Snapseed; adalah aplikasi ponsel. Berjalan pada sistem Android dan IoS, buatan Google LLC. Anda dapat mendowload di Playstore. Gratis.

Seluruh fitur pada aplikasi ini pada dasarnya juga dapat dilakukan di photoshop. Tetapi tentu saja Anda harus berpengalaman terlebih dahulu dalam tetek-bengek photo editing. Sedangkan jika Anda menggunakan Snapseeed, Anda tak perlu berpusing-pusing. Tersedia belasan filter yang tinggal dicoba-coba.




Fitur-fitur kunci dari Snapseed:

Membuat latar belakang blur


Efek blur di dapat dengan lensa telezoom atau dengan bukaan lebar sekali, contoh: f/1.8. Kecuali lensa prime, harga lensa dengan bukaan (aperture/diafragma)  sangat lebar, atau membeli lensa zoom, tentu tidak murah. Jangan berkecil hati jika hanya mempunyai lensa kit 18-55 mm. 

Membuat Foto HDR (High Dynamic Range)



HDR adalah perbedaan pencahayaan yang menyolok. Antara latar belakang dan depan. Cobalah Anda berfoto-ria membelakangi matahari, maka foto bagian depan akan tampak gelap. Biasanya, fotografer mengatasi dengan teknik filling (memakai lampu kilat dengan difuser), memakai reflektor atau menggabungkan beberapa jepretan dengan exposure yang berbeda dan dijadikan satu gambar. Jika Anda terpaksa gerak cepat dan obyek foto Anda gelap, sementara latar belakangnya bercahaya terang, Anda dapat mencoba HDR pada Snapseed.

Memberi Tag Name yang Profesional

Foto-foto dari fotografer profesional selalu mempunyai tag name seperti foto diatas. Jangan kuatir, Bro. Anda bisa koq seperti mereka. Sebagai catatan saja, memesan tag name beginian mahal banget di internet. Lewat Snapseed, Anda mendapatkannya gratis.

Memainkan Perspektif

Perspektif berarti kita memainkan sudut pandang gambar dari angle yang berbeda. Anda bisa memaju-mundurkan sudut pengambilan sehingga tampak berbeda dari saat pengambilan gambar.

Masih banyak fitur-fitur yang lain. Snapseed tidak dapat menggantikan Adobe Photoshop. Banyak fitur di Photoshop yang tidak ada di Snapseed, tetapi sebagai langkah awal belajar fotografi, kenapa Anda tidak mencobanya?

Editing Foto dengan Snapseed Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yohanes Octa

0 komentar:

Posting Komentar